Lifestyle

Story by Amalia Kartika Larasati

10 Tips Aman Berbelanja Online

Bagi Anda yang sering berbelanja online, beberapa tips berikut bisa Anda ikuti.


Grazia Bella, siapa sih yang nggak suka belanja online?  Kegiatan favorit banyak orang ini telah berhasil mengubah gaya hidup jutaan masyarakat. Banyak yang tergiur dengan berbagai penawaran seperti potongan harga, gratis ongkir, cepatnya pengembalian produk, juga menghemat waktu dan tenaga sehingga tak perlu repot-repot pergi ke mal.

Survei yang dilakukan oleh Mastercard tentang berbelanja online menunjukkan satu di antara dua konsumen di Asia Pasifik merasa aman melakukannya. Supaya Anda dapat berbelanja online dengan aman dan nyaman, coba kita intip tips-tips berikut ini:

1. Pilih website yang punya kredibilitas
Pastikan Anda berbelanja di website yang terpercaya dan perhatikan dengan teliti alamat website yang muncul dari search engine. Ada beberapa search engine yang mengalihkan dari website yang punya kredibilitas.
2. Hati-hati dengan penulisan
Biasakan untuk mengecek kembali apakah penulisan alamat website sudah benar karena perbedaan satu huruf saja atau ada perbedaan domain dapat mengalihkan Anda ke website yang berbeda. Perbedaan kecil tersebut bisa dijadikan kedok untuk penipuan!
3. Perhatikan tanda gembok
Tanda gembok yang terletak di sebelah alamat website seringkali diabaikan oleh pengguna internet. Padahal tanda gembok tersebut menandakan bahwa suatu website memiliki kode SSL (Secure Sockets Layer) yang artinya website tersebut aman dikunjungi. Pastikan tanda tersebut terlihat ketika Anda memasukkan informasi dan melakukan pembayaran.
4. Hindari memberikan data melalui email
Waspadalah jika Anda diminta untuk mengirimkan data-data pribadi melalui email, termasuk informasi kartu kredit. Hindari segala transaksi yang dilakukan dengan cara seperti itu!
5. Jaga informasi pribadi Anda
Jika Anda sudah dimintai informasi mengenai pin ATM atau pun nomor identitas, sebaiknya segera keluar dari website tersebut!  Kemungkinan besar ada niatan untuk mencuri data-data pribadi Anda.
6. Harus teliti
Apabila sering berbelanja online, lakukan pengecekan rutin terhadap setiap transaksi terutama jika Anda menggunakan pembayaran dengan kartu kredit. Jika ada transaksi yang tidak Anda lakukan atau pembayaran yang bukan seharusnya, segera hubungi bank!
7. Gunakan software anti virus
Pastikan perangkat yang Anda gunakan dilengkapi dengan anti virus! Karena para hackers bisa melakukan pencurian data melalui malware yang dapat menembus komputer Anda.
8. Langkah verifikasi
Perhatikan nomor CVV2 atau Card Verification Value berupa 3 angka yang terletak di belakang kartu kredit di sebelah tanda tangan Anda. Website yang aman akan menanyakan nomor CVV2 dan menghindari Anda dari penipuan. Ada pula yang meminta verifikasi tambahan dengan cara memberikan OTP (One Time Password­).
9. Hindari berbelanja online menggunakan fasilitas umum
Jika Anda berbelanja online menggunakan fasilitas internet umum, pastikan untuk log out akun Anda begitu selesai menggunakan fasilitas tersebut. Apabila lupa melakukannya, kemungkinan data-data Anda bisa disalahgunakan orang lain.
10. Lakukan pembersihan berkala
The National Cyber Security Alliance (NCSA) dan Better Business Bureau (BBB) menyarankan untuk selalu melakukan pembersihan data seperti melakukan clear history. Ini dilakukan untuk menjaga agar data pribadi Anda lebih aman.

Happy shopping!

(Sumber: Lazada Indonesia)