Lifestyle

Story by Asep Mukarom

Jalan-Jalan ke Dubai, Jangan Lupa Mengunjungi Akuarium-Akuarium Raksasa Ini!

Dua destinasi hiburan akuarium di Dubai yang wajib masuk daftar kunjungan.


Dicap sebagai negara pasir yang panas tidak membuat Dubai kehilangan akal untuk menarik orang berkunjung dan menikmati liburan yang ada. Salah satu kegiatan yang tampak kontras namun menarik perhatian adalah atraksi akuarium-akuarium super besar yang terletak dengan begitu strategis di penjuru kota penghasil minyak ini.
Pemberhentian pertama jatuh kepada Dubai Aquarium dan Under Water Zoo. Terletak di The Dubai Mall, salah satu pusat perbelanjaan terbesar di dunia, atraksi akuarium ini menjadi pelarian yang tepat setelah menghabiskan waktu berbelanja yang melelahkan. Menenangkan mata yang lelah dan belajar lebih jauh mengenai biota laut dan reptil.
Terdapat dua lantai akuarium yang dapat Anda jelajahi. Pertama adalah terowongan bawah air sepanjang 51 meter yang berisi beragam spesies ikan hiu termasuk ikan pari. Anda dapat menatap dari dekat kecantikan ikan-ikan tersebut melalui lapisan PVC padat setebal 25 cm. Jika Anda termasuk penggemar pengalaman menegangkan, maka wajib mencoba tawaran snorkling dalam kandang atau berenang di antara hiu!

Naik ke lantai dua, section ini lebih diposisikan sebagai kebun binatang air. Terdapat beragam ikan dan spesies tanpa tulang belakang seperti ubur-ubur juga unggas dan reptil. Yang menarik perhatian adalah tanki berisi glass catfish berukuran kecil dengan tubuh tembus pandang. Begitu jernis hingga Anda dapat melihat sturktur tulang ikan tersebut secara jelas. Jika beruntung Anda juga dapat melihat atraksi arrow fish yang bisa meludah ke luar kolam.


Lokasi selanjutnya adalah The Lost Chamber Aquarium di pulau buatan berbentuk pohon Palem, Atlantis The Palm. Berkonsep kota yang hilang Atlantis, akuarium luas dengan penerangan temaram ini cocok bagi Anda yang berjiwa petualang. Dengan langit-langit tinggi dan hawa dingin menyeruak, sensasi seperti tengah terjebak dalam kapal begitu terasa. Hening dan tenang.

Terbagi ke dalam 10 ruangan berbeda. Jangan takut untuk mengekplorasi indahnya akuarium satu ini. Anda akan dibuat betah berlama-lama menyaksikan ribuan ikan dan spesies yang cantik karena tersedia tempat duduk khas Timur Tengah yang nyaman tepat di depan setiap jendela akuarium.


Foto: Asep Mukarom dan Dubai Tourism Board