Lifestyle | News

Story by Rosihan Nurdin

Jailangkung Akan Hadir di Liburan Lebaran

Di Indonesia kita mengenal tradisi pema nggilan arwah yang disebut Jailangkung. Permainan ini akan kembali tampil di layar bioskop pada liburan Lebaran tahun ini.

Duet sutradara Rizal Mantovani dan Jose Purnomo menyajikan cerita horor dalam film Jailangkung, produksi Screenplay Films dan Legacy Pictures. Film yang dibintangi Hanna Al Rasyid, Lukman Sardi, Wulan Guritno, Jefri Nichol, Amanda Rawles, Gabriella Quinlyn, Augie Fantinus, dan Butet Kartaredjasa ini akan mengisi hiburan pada masa liburan Lebaran tahun ini, mulai 25 Juni 2017.Akhir Mei silam pihak produser memperkenalan trailer film Jailangkung di hadapan sejumlah wartawan film di XXI Lounge Plaza Senayan Jakarta. Suasana horor begitu terasa dalam trailer berdurasi sekitar dua menit
 “Entah sugesti atau memang nyata, energi saat memegang boneka itu luar biasa besar. Dibanding berlarian di kuburan, adegan ritual memegang boneka Jailangkung cukup menguras tenaga dan bikin was-was,” ujar Amanda Rawles, salah satu pemeran dalam film. Salah satu adegan memperlihatkan Amanda dan sejumlah temannya tengah bermain boneka Jailangkung. .  “Jailangkung-jailangkung di sini ada pesta kecil-kecilan, datang gendong pulang bopong.”Dalam ritual sesungguhnya, arwah akan menjawab kehadirannya dalam berbagai cara. Boneka bisa terasa lebih berat, atau bahkan langsung bergerak. Pertanyaan para pemain akan langsung dijawab oleh boneka dengan menunjukkan rangkaian alfabet atau petunjuk lain. Kelihatannya mudah, namun faktanya tidak demikian. Tak ada yang sederhana bila berkaitan dengan dunia arwah.Film jailangkung bercerita mengenai tiga orang gadis yang ingin menguak misteri yang terjadi pada ayah mereka yang ditemukan koma secara misterius. Bella (Amanda Rawles) bersama kakaknya Angel (Hanna Al Rasyid) dan adiknya Tasya (Gabriella Quinlyn) berusaha menemukan jawabannya. Dengan bantuan Rama (Jefri Nichol), seroang teman kampus Bella yang tertarik pada dunia metafisik.
Seorang pilot bernama  Capt. Wardana (Augie Fantinus) membantu mereka kembali ketempat ditemukannya Ferdi (Lukman Sardi). Mereka terkejut dengan kemegahan tempat itu dan menemukan Jailangkung, yang membuka rahasia gelap dimasa lalu dan kini justru membahayakan nyawa mereka.

FOTO: DOKUMENTASI SCREENPLAY FILMS