Lifestyle | News

Story by Rosihan Nurdin

Mahakarya Borobudur: Hair Style & Fashion

Borobudur Memiliki Nilai Sejarah Budaya Adiluhung yang Menginspirasi Karya Anak Bangsa


Terinsipirasi dari relief-relief yang terlukis di Candi Borobudur maka sebagai anak bangsa yang peduli akan kelestarian nilai-nilai luhur yang terkandung pada relief Candi Borobudur PT Taman Wisata Candi Borobudur, Prambanan dan Ratu Boko (Persero) menggandeng Nira Creatives akan menggelar acara kreativitas yang akan memadukan seni dan keterampilan yang mumpuni bertajuk “Mahakarya Borobudur: Hairstyle & Fashion” pada hari Sabtu tanggal 30 September 2017 di Aksobya kompleks Taman Wisata Candi Borobudur, Magelang, Jawa Tengah.
 
Rencana acara ini disampaikan dalam jumpa pers yang dihadiri Fuddy Syarief selaku Creative Director, Nilawati Halim Managing Director Nira Creatives, Emilia Enny Utari GM Marketing PT TWC, Ricky Setiawan Direktur Marketing PT TWC, serta Lucky Octavian dan Maria Calista.

Didukung oleh hair stylist kondang dan disainer kebaya kenamaan Indonesia, Anne Avantie, acara ini akan memamerkan karya-karya Fashion maupun tata rias dan mode serta gaya rambut terbaik dengan sumber inspirasi dari kekayaan budaya yang tergambar pada relief-relief pada candi Borobudur yang pemah dinobatkan sebagai salah satu keajaiban dunia oleh UNESCO.

Sebuah persembahan yang fenomenal bagi para pecinta fashion & mode maupun tata rambut dari Tanah Air maupun mancancgara, yang akan mengangkat serta memadukan nilai-nilai seni dan budaya leluhur, terutama dari sisi fashion serta mode gaya tata rambut, yang selama ini terpahat pada relief Candi Borobudur.
PT Taman Wisata Candi Borobudur, Prambanan & Ratu Boko (Persero) atau TWC sebagai pengelola Candi Borobudur memiliki kewajiban untuk melestarikan warisan budaya bangsa yang adiluhung tersebut. Sebagaimana kite ketahui bersama bahwa Candi Borobudur telah diakui sebagai World Heritage oleh Badan Dania UNESCO.

Penyelenggaraan Mahakarya Borobudur: Hairstyle & Fashion diharapkan tidal: hanya akan membangkitkan kejayaan masyarakat Jawa Kuno di masa lalu dan melahirkan tren dan inspirasi baru di bidang hairstyle dan fashion masa kini, namun juga membangkitkan sektor pariwisata setempat dengan Candi Borobudur sebagai sumber inspirasi dan magnet utamanya. Penyelenggaraan kegiatan yang sarat nilai seni dan budaya ini juga diyakini akan meningkatkan citra Candi Borobudur sebagai salah satu dari 10 destinasi wisata yang diprioritaskan oleh Pemerintah Republik Indonesia, serta dengan sendirinya, juga mendukung program Pemerintah untuk menarik wisatawan mancanegara untuk mengunjungi destinasi-destinasi wisata prioritas di Indonesia. Penyelenggaraan event yang spektakuler ini tentunya akan mampu membawa para pcnikmat fashion dan tata rambut dari berbagai penjuru Tanah Air untuk mengagumi kembali kejayaan masa lalu.
Acara ini juga akan diramaikan dengan tarian kolosal oleh UniYutta Dance Company yang mempakan kolaborasi mahasiswa jurusan tari ISI Yogyakarta serta dimeriahkan penampilan Maria Calista (Pemenang Asia Broadcasting Korea Selatan), Lucky Octavian (Finalis Indonesian Idol 2004). Puteri Indonesia 2016 Kezia Warouw akan menjadi host untuk pagelaran fashion show yang menandai puncak acara “Mahakarya Borobudm: Hairstyle & Fashion”.

Pagelaran fashion show ini akan memamerkan 25 koleksi terbaik Anne Avantie. Sementara itu, pagelaran hair show sendiri akan melahirkan kembali keindahan, kanggunan serta kecantikan tata rambut yang elegan yang dimiliki para ratu dan putri raja Jawa Kuno sebagaimana dilukiskan dari relief-relief Candi Borobudur.
Untuk penyelenggaraan acara ini, TWC kembali menggandeng Nita Creatives, yang sebelumnya juga terlibat dalam penyelenggaraan acara “Ratu Boko Yoga Festival 2017” dan Borobudur International Conference: Interfaith & Pilgrimage Tour bekerjasama dengan PT Taman Wisata Candi Borobudur, Prambanan & Ratu Boko (Persero).