Grazia

On Issue

GRAZIA Indonesia Edisi Agustus 2017


WELCOME TO GRAZIA

MERASA BANGSA. Khusus menjelang Agustus tahun ini, saya menjadi lebih mellow. Republik Indonesia sudah berumur 72 tahun. Namun saya merasa masih banyak dari bangsa ini tak mampu menunjukkan kedewasaan berpikir dan bertindak. Begitu mudah kita marah, berkelahi, memprovokasi dan terprovokasi. Persatuan dan kesatuan kita terancam badai besar. Padahal kita punya janji Bhinneka Tunggal Ika.
Namun ada kebahagiaan pula di tengah kondisi yang bikin kepala pening dan rasa tak nyaman ini, terjadi pergerakan-pergerakan yang membanggakan sebagai bangsa Indonesia. Arena kreatif semakin terangkat ke permukaan. Musik, film, desain dan industri kreatif lainnya semakin seru dan melejit! Orang muda kini senang berbaju adat dan daerah asal, gemar memakai produk lokal, doyan makanan asli Nusantara. Bukan cuma sebagai pemakai, tapi juga sebagai pemrakarsa, pembuat, pengembang dan pelansir. Di sini saya merasa bangga berbangsa Indonesia.
Masih ada satu hal yang masih saya inginkan dari bangsa ini: pemakaian bahasa Indonesia yang baik dan benar! Bukan bangga berbicara dalam bahasa asing atau bicara bercampur bahasa asing. Hahaha, editor sekali ya? Karena berbahasa yang baik menunjukkan pribadi yang baik pula. Salam Merdeka!
Ciao!
@TenikHartono
Tenik.Hartono@feminagroup.com

What's inside!

Load More