Grazia

On Issue

GRAZIA Indonesia Edisi Juli 2017


WELCOME TO GRAZIA

SANTAI.Terus terang, saya orang yang jarang -hampir tidak pernah- santai. Selalu ‘gas pol’, atau kalau istilah teman-teman saya,‘nyetir gigi empat’ :) Dalam hal apapun memang saya maunya serba cepat, serba sempurna, serba rapi, serba bagus... tidak mau menyisakan ruang untuk kesalahan dan kekeliruan. Terus terang lagi, sesungguhnya ke-OCD-an saya ini cukup mengganggu, karena akhirnya saya jadi kepikiran, tidak bisa tidur, juga marah-marah.

Turning point terjadi ketika kemudian saya sakit cukup parah sehingga harus bedrest lama. Diagnosa dokter, penyakit saya ini diakibatkan oleh fatigue, alias kelelahan yang amat sangat. Di situ saya merasa pedih sekaligus malu, karena hal yang saya anggap seharusnya menjadi kualitas terbaik saya terhempas begitu saja oleh satu perintah dokter: “Anda harus lebih santai!”
Seorang teman perrnah bilang, “Sudah waktunya kamu berjalan lebih pelan.” Saat itu saya protes, karena di usia yang beranjak banyak ini saya tidak mau dianggap tidak produktif dan loyo, dan saya merasa orang yang sering santai itu adalah para pemalas.

Kesadaran itu kemudian datang: bahwa manusia juga perlu waktu untuk relaks, menurunkan kecepatan, ‘turun mesin’, melepaskan diri dari rutinitas dan kegiatan. Karena dalam kondisi relaks, tak jarang tubuh dan jiwa kita semakin terkoneksi dengan semesta dan Sang Pencipta.

Ciao!
@TenikHartono
Tenik.Hartono@feminagroup.com

What's inside!

Load More