Lifestyle | Review

Story by Rosihan Nurdin

Empat film Indonesia Ramaikan Libur Lebaran Tahun Ini

Anda tentu sudah selesai bersilaturahmi, saling bermaafan dengan keluarga besar serta kerabat di hari Lebaran ini. Isilah liburan panjang ini dengan menghibur diri.

Bila ingin mengisi waktu luang, tak ada salahnya bila berkunjung ke tempat-tempat wisata di sekitar kota Anda atau mampirlah ke bioskop. Yap, di liburan Lebaran tahun ini ada 4 film Indonesia yang menghiasi layar bioskop yang layak ditonton.
 
SURAT KECIL UNTUK TUHAN
Ini kisah tentang kepiluan kehidupan kakak beradik yatim piatu, Anton (Bima Azriel) dan Angel (Izzati Khansa). Dalam usia masih sangat muda mereka terjebak dalam sindikat yang memanfaatkan anak-anak terlatan menjadi pengemis di jalanan. Mereka diperbudak untuk mencari uang sehingga tak bisa menikmati masa kanak-kanak Suatu hari Angle mengalami kecelakaan dan sejak saat itu Anton dan Angel terpisah. Angel tak mengetahui keberadaan kakaknya. 
Waktu berlalu. Lima belas tahun kemudian, di Sydney Australia, Angel tumbuh menjadi wanita dewasa, pandai dan cantik, dalam keluarga angkatnya yang baik hati. Ia berhasil menjadi pengacara dan bertemu seorang dokter muda asal  Indonesia, Martin (Joe Taslim). Mereka saling jatuh cinta. Namun Angel tak bisa berhenti memikirkan Anton, sang kakak. Di tengah kehidupan yang bahagia dan rencana menikah dengan Martin, Angle memutuskan kembali ke Jakarta untuk menuntaskan masa lalunya, mencari sang kakak. Berhasilakah Angel?
 
INSYA ALLAH SAH
Silvi (Titik Kamal) terjebak dalam lift ketika ia mengunjungi kantor Dion (Richard Kyle), tunangannya. Silvi, gadis cantik yang baik hati namun tak religius terjebak  dalam lift bersama  Raka (Pandi Pragiwaksono), pemuda religius, lugu dan terkesan aneh, yang bekerja untuk Dion.  Dalam ketakutan, Silvi bernazar bila ia selamat dari petaka yang mengancam hidupnya itu, ia akan mengubah cara hidupnya menjadi seorang muslimah yang taat pada perintah Allah. Seketika itu juga pintu lift terbuka! 
Sejak itu Silvi selalu dibayangi Raka yang selalu mengingatkan janji Silvi di lift. Dan setelah beberapa musibah tiba-tiba menyerang Silvi, Raka-lah yang akhirnya menolongnya sampai Silvi menemukan ketetapan hatinya. Namun belum tentu Dion setuju dengan nazar Silvi.
 
SWEET 20
Fatmawati (Niniek L Karim), nenek 70 tahun cerewet yang tinggal bersama putranya seorang dosen, Aditya (Lukman Sardi), menantu (Cut Mini), dan 2 orang cucu (Kevin Julio, Alexa Key). Fatmawati selalu membanggakan Aditya, sampai suatu hari ia mengetahui akan dikirim ke panti jompo. Hal yang membuatnya sangat terpukul dan pergi dari rumah. Di perjalanan ia melihat studio foto “Forever Young”, dan berniat mengambil foto untuk di pemakamannya kelak. Namun setelah berfoto Fatmawati berubah menjadi 50 tahun lebih muda, dan kembali berusia 20 tahun.
Fatmawati pun memulai kehidupan yang baru dan mengganti namanya menjadi Mieke (Tatjana Saphira), seperti nama artis idolanya Mieke Wijaya. Seiring berjalannya waktu, Mieke mendapat kesempatan untuk meraih mimpinya menjadi penyanyi, sesuatu yang tidak bisa dilakukannya pada saat muda dulu. MKeunikan Mieke muda dengan gaya bicara dan seleranya yang masih seperti nenek 70 tahun, justru membuat 3 pria jatuh hati padanya, seorang produser musik (Morgan Oey), cucu laki-lakinya, dan Hamzah (Slamet Rahardjo) yang mencintainya sejak sama-sama muda dulu.
Hingga suatu peristiwa terjadi, yang membuat Mieke harus memilih untuk melanjutkan kehidupan barunya, atau kembali menjadi Fatmawati.
 
JAILANGKUNG
Film Jailangkung bercerita mengenai tiga orang gadis yang ingin menguak misteri yang terjadi pada ayah mereka yang ditemukan koma secara misterius. Bella (Amanda Rawles) bersama kakaknya Angel (Hanna Al Rasyid) dan adiknya Tasya (Gabriella Quinlyn) berusaha menemukan jawabannya. Dengan bantuan Rama (Jefri Nichol), seroang teman kampus Bella yang tertarik pada dunia metafisik.
Seorang pilot bernama  Capt. Wardana (Augie Fantinus) membantu mereka kembali ketempat ditemukannya Ferdi (Lukman Sardi). Mereka terkejut dengan kemegahan tempat itu dan menemukan Jailangkung, yang membuka rahasia gelap dimasa lalu dan kini justru membahayakan nyawa mereka.
 
SUMBER: CINEMA 21