Beauty | Tips

Story by Tiara Nabila

Best of Natural Beauty : From Under the Sea

Bahan terbaik yang diberikan oleh alam, untuk kecantikan maksimal!

Selain Indah untuk dinikmati, nyatanya Laut menyimpan banyak kekayaan alam yang dapat membantu Anda dalam memaksimalkan kecantikan, berikut beberapa bahan bahan dibawah lautan yang bisa Anda temui dalam produk kesayangan. 
1. MUTIARA
Mutiara ternyata tidak hanya indah untuk digunakan sebagai perhiasan. Nyatanya salah satu material yang berasal dari kekayaan laut ini juga berguna untuk menjaga keindahan kulit Anda. Tak heran kini banyak produk kecantikan yang menyatakan diri memiliki kandungan ekstrak mutiara atau bubuk mutiara.
kedua bahan dasar mutiara itu kaya akan mineral, asam amino, dan kalsium. Mutiara juga telah dalam dikenal karena kemampuannya yang sangat efektif untuk menyejukkan, melembabkan, dan mencerahkan kulit. Bahan alami dari dalam laut ini adalah pilihan yang tepat bagi Anda yang memiki kulit kering dan sensitif. Selain itu, mutiara juga merupakan antioksidan yang sangat ampuh untuk melindungi kulit dari radikal bebas berbahaya dan dikenal karena kemampuannya untuk merangsang regenerasi kolagen.
Produk – produk :
1. SEPHORA COLLECTION Pearl Theraphy mask, Rp. 64.000
2. POND’S White Beauty Pearl Cleansing Gel, Rp. 24.900
3. WARDAH Creamy Body Butter Milk & Pearl, Rp. 35.000
4. TATCHA POLISHED Rice Enzyme Powder, (Harga atas permintaan)



2. GARAM LAUT
Garam laut telah lama dikenal sebagai exfoliant alami yang berguna untuk mengangkat sel-sel kulit mati pada kulit. Pasalnya garam laut adalah salah satu mineral alami paling murni yang bisa digunakan untuk rutinitas kecantikan karena diproses dari air laut yang menguap. Garam laut setidaknya memiliki 75 kandungan mineral yang dapat mengatasi berbagai permasalah kulit, semisal dehidrasi, penuaan, hingga warna kulit yang tidak merata.
Manfaat utama dari garam laut berasal dari kandungannya yang kaya akan magnesium. Magnesium sangat baik untuk kulit karena mampu menyingkirkan kulit mati dan kering sehingga membantu memperbaiki tekstur kulit dan menghidrasinya dengan optimal. Garam laut juga sangat berguna bagi kulit bermasalah. Kandungan sulfur, kalsium, natrium, dan kaliumnya dapat meringankan psoriasis dan eczema. Tak hanya itu, bahan alami ini juga dapat membersihkan pori-pori dan menyeimbangkan produksi minyak di wajah Anda.
Produk – produk :
1. SENSATIA BOTANICALS Sea Salt Basics – Purifying, Rp. 147.000
2. L'OREAL White Perfect Whip Foam, Rp. 45.000
3. OGX Moroccan Sea Salt Spray, Rp. 93.000
4. NATIO Orange Blossom Sea Salt Scrub, Rp. 287.000


3. CAVIAR
Caviar adalah telur yang berasal dari jenis ikan tertentu yang telah lama terkenal akan manfaat dan kemewahannya. Telur ikan ini menjadi salah satu material premium karena memiliki segudang manfaat untuk kesehatan. Tidak hanya nikmat untuk disantap, caviar juga berguna untuk merawat kecantikan kulit. Khasiat utama caviar adalah sebagai penghambat proses penuaan. Sel yang dimiliki caviar diyakinin mirip dengan sel kulit manusia, maka tak heran material ini digunakan untuk mempercepat regenerasi kulit untuk melawan penuaan.
Selain itu, caviar juga sangat kaya mineral alami. Kandungan tersebut yang pada akhirnya diambil ektraknya untuk dikembangkan menjadi berbagai produk perawatan kecantikan. Ekstrak caviar biasanya memiliki kandung vitamin A, D, B1, B2, B6, Co, Cu, P, Si, Zn, omega 3 dan asam lemak omega 6 yang sangat berguna untuk meningkatkan kelembapan, memperbaiki tekstur serta menjaga kesehatan kulit. Jika Anda rutin menggunakan perawatan wajah yang mengandung caviar maka garis halus dan kerutan perlahan dapat tersamarkan, karena ekstrak caviar juga dapat menstimulasi produksi kolage sehingga kulit senantiasa kencang dan awet muda.
Produk – produk :
1. MISSHA Perfect Cover BB Cream SPF 42 PA+++, Rp. 250.000
2. NEOGEN Code 9 Gold Black Caviar Essence & Gold Tox Tightening Pack Kit, Rp. 680.000
3. KERSTIN FLORIAN Caviar Age-Defense Crème, Rp. 1.996.000
4. LA PRAIRIE Skin Caviar Foundation, (Harga atas permintaan)



4. RUMPUT LAUT
Rumput laut memiliki segudang manfaat yang baik untuk kesehatan kulit dan tubuh. Tumbuhan yang biasa hidup di permukaan air laut ini kaya akan vitamin dan mineral yang berguna juga sebagai antioksidan. Rumput laut banyak digunakan sebagai bahan panganan sehat, terutama di negeri sakura, Jepang. Rumput laut menjadi bahan wajib yang digunakan untuk pangan khas mereka, yaitu sushi. Berkat manfaatnya yang sangat baik untuk kesehatan, kini rumput laut juga banyak digunakan untuk produk kecantikan. Kandungan rumput laut biasanya diadopsi kedalam bentuk lotion pelembap, sabun pembersih, masker, dan beberapa produk lainnya.
Rumput laut memiliki kandungan vitamin, mineral, asam amino, dan enzim yang merupakan antioksidan alami dan berfungsi meremajakan kulit. Kemampuannya dapat mencegah penuaan dengan meningkatkan regenerasi jaringan dalam kulit sehingga kulit tetap kencang, kenyal, dan senantiasa terlihat muda. Tak hanya itu, rumput laut juga mengandung senyawa anti-inflamasi alami yang baik mengobati peradangan. Maka tak heran jika ekstrak rumput laut juga banyak digunakan untuk produk-produk bagi kulit berjerawat. Sifat anti-bakterinya efektif untuk membunuh bakteri penyebab jerawat sekaligus mampu mengontrol produksi minyak di wajah sehingga mencegah timbutnya jerawat. Penggunaan ekstrak rumput laut secara rutin juga dapat meningkatkan kadar hidrasi di dalam kulit. Kulit pun menjadi lebih lembap, sehat, dan bersinar.
Produk – produk :
1. CITRA Wakame Gel Lotion, Rp. 23.000
2. THE BODY SHOP Seaweed Oil Balancing Toner, Rp. 179.000
3. LA MER Crème de la Mer, Rp. 6.924.000
4. SENSATIA BOTANICALS Natural Bar Soap Seaweed & Bali Lime, Rp. 60.000
 

5. GANGGANG MERAH
Ganggang merah adalah salah satu tumbuhan laut yang sangat berguna untuk menenangkan kulit. Ganggang merah memiliki banyak sel yang mengandung klorofil dan zat warna merah (fikoeritrin). Awalnya tumbuhan ini berwarna hijau, namun karena terlalu lama terpapar sinar matahari warnanya pun berubah menjadi merah. Hal itu membuat ganggang merah menghasilkan astaxanthin lebih banyak dibandingkan tumbuhan laut lainnya. Astaxanthin digunakan untuk melindungi diri dari proses oksidasi akibat paparan sinar matahari sehingga bahan tersebut sangat ampuh saat digunakan sebagai anti-oksidan.
Kandungan astaxanthin yang tinggi dalam ganggang merah membuatnya mejadi salah satu antioksidan alami yang paling kuat. Astaxanthin dalam ganggang merah memiliki kemampuan 40 kali lipat lebih baik dari beta-karoten, dan 6000 kali lebih kuat dibandingkan dengan vitamin C. Jika digunakan secara teratur kulit pun akan terasa lebih elastis, lembap, dan terasa lembut. Ekstrak ganggang merah juga banyak digunakan untuk produk krim mata karena ampuh melembapkan dan meredakan lingkaran hitam di bawah mata.
Produk – produk :
1. L’OCCITANE Divine Harmony Serum, Rp. 3.050.000
2. TATCHA Luminous Dewy Skin Mist, Rp. 638.000
3. LORAC CC Cream, Rp. 399.000