Cara Ternak Merpati Supaya Memiliki Turunan Berkualitas

Banyak orang yang mencari informasi burung mengenai cara ternak merpati. Tujuannya bukan hanya untuk membuatnya lebih banyak karena diternak, namun juga mendapatkan keturunan yang berkualitas. Ini berlaku untuk semua jenis burung merpati.

Seperti yang diketahui, ada banyak jenis burung merpati yang perlu anda ketahui. Selain burung balap yang sering dijumpai, ada juga merpati hias, merpati pos, dan merpati tinggian. Cara mendapatkan keturunan dari semua jenis diatas hampir sama.

Untuk mengetahuinya lebih lanjut, sebaiknya anda simak penjelasan dari kami secara menyeluruh. Pada kesempatan kali ini kami akan berbagai semua informasi mengenai cara ternak merpati supaya mendapatkan keturunan yang berkualitas.

Ada banyak metode yang bisa digunakan dan umum dilakukan pemilik merpati. Ingat, burung ini memang mudah sekali dikembangbiakkan karena mudah bertelur. Namun tidak semua keturunannya dianggap berkualitas dari berbagai sisi.

Metode Genetic Breeding

Pertama adalah menggunakan Metode Genetic Breeding yang sudah lama dikenal. Metode ini dianggap paling efektif karena terbukti menghasilkan keturunan yang berkualitas. Pada umumnya, keturunan yang dihasilkan dengan cara ini semuanya sama.

Artinya, keturunan bakal mendapatkan sifat yang sama dengan induknya. Contohnya adalah warna bulu dan sifat yang sama persis. Sayangnya, cara ini memakan waktu yang sangat lama, anda membutuhkan waktu sekitar 4 hingga 5 tahun untuk mendapatkan keturunan yang dimaksud.

Cross Breed

 Cara pertama diatas sudah dianggap kurang efektif dalam hal waktu yang dibutuhkan. Kemudian ada cara lain seiring dengan perkembangan zaman, yakni Cross Breed. Sesuai namanya, metode ini merupakan persilangan antara merpati yang tidak sejenis.

Dengan metode ini, anda bebas menentukan jenis yang diinginkan. Hanya saja untuk mendapatkan kualitas yang bagus, maka induk yang dipilih juga harus berkualitas. Induk ini mencakup keduanya, yakni antara betina dan jantan.

Inbreed

Cara ternak merpati untuk mendapatkan keturunan berkualitas selanjutnya adalah Inbreed. Berbeda dengan metode pertama yang mengawinkan merpati dari beda jenis, kali ini justru sebaliknya. Merpati yang disilangkan untuk mendapatkan keturunan yakni yang sedarah.

Maksudnya, anda bisa menyilangkan induk dengan anaknya yang sudah besar. Cara ini dianggap lebih mudah dilakukan, namun memakan waktu cukup lama. Sayangnya, sebagian kasus justru menghasilkan keturunan yang kurang berkualitas karena mudah sakit.

Line Breed

Selanjutnya adalah Line Breed, yakni persilangan antara merpati yang memiliki kerabat cukup dekat. Jika di istilahkan sebagai manusia, maka persilangan jenis ini bisa dilakukan dengan mengawinkan keponakan dengan paman atau yang mendekati.

Bagaimana, apakah anda sudah mendapatkan gambaran mengenai metode apa yang akan dipilih? Sebenarnya semua metode diatas tidak jauh berbeda, intinya hanya satu. Pastikan anda mengawinkan merpati jantan dan betina yang berkualitas untuk menghasilkan keturunan yang berkualitas pula.

Avatar photo
Initial. G

You are an honorable man, Quill. I will fight beside you. And in the end, see my wife and daughter again - Groot

Leave a Comment